Senin, 06 Januari 2014

SAINT ANNE CHURCH

Gereja St Anne, Bukit Mertajam adalah gereja Katolik Roma yang terkenal terletak di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia. Ini adalah salah satu paroki di Keuskupan Penang.  

Perayaan tahunan pesta St Anne teratur menarik lebih dari 100.000 umat dari Malaysia serta negara-negara tetangga seperti Singapura, Filipina, dan Australia. Perayaan berlangsung selama 10 hari, dan termasuk hari raya yang sebenarnya pada tanggal 26 Juli.


Gereja St Anne didirikan pada tahun 1846 . Kapel pertama dibangun di atas bukit Begitu populasi Katolik mulai meningkat , sebuah gereja baru dibangun . Ini dibuka pada tahun 1888 . Ini adalah gereja yang sekarang menjadi St Anne Shrine . Ini adalah gereja utama untuk perayaan tahunan untuk St Anne pesta .  

Pada tahun 1950 , Malaya menyatakan keadaan darurat. Barulah pada tahun 1960 yang darurat itu dicabut . Pada tahun 1977 , gereja mulai bergerak kembali ke St Anne Shrine dan karya restorasi mulai , karena ditinggalkan untuk waktu yang lama . Kaca patri di dalam dan salah satu dari tiga lonceng itu ditemukan .

Paroki bergerak lebih lanjut di jalan dan pada tahun 1958 , paroki membuka gereja lain . Gereja ini dikenal sebagai " gereja baru " selama lebih dari 40 tahun , dan merupakan pusat utama bagi paroki dan perayaan pesta hingga tahun 2003. Dalam tahun-tahun ini perayaan itu , peziarah harus bolak-balik antara gereja dan St Anne Shrine , yang berjarak 2 km . Alasan ini sekarang menempati
Kim Sen Primary School.

Tahun 1990-an ke 2000-an melihat transformasi besar bagi gereja ini . Pada tahun 2002 , gereja baru lain dibangun . Gereja ini bisa muat 2.200 orang , dan merupakan salah satu gereja terbesar di Malaysia .  


Gereja baru St Anne mulai dibangun tahun 2000 dan selesai dua tahun kemudian . Hal itu dibuka oleh Delegasi Apostolik kemudian ke Malaysia pada 26 Juli 2002 . Gereja ini memiliki atap Minangkabau , benar-benar mencerminkan budaya Malaysia . Tidak hanya itu sebuah gereja baru yang dibangun , sebuah jalan bernama Dataran St Anne dibangun di depan gereja.

Dalam pandangan mengubah Gereja St Anne menjadi pusat peziarah , Domus St Anne juga dibangun untuk menampung jamaah yang berniat untuk menginap . Sebuah kantor paroki , pusat komunitas paroki dan pastoran juga dibangun , sehingga memperbesar alasan kudus .Pada tahun 2006 , gereja mendirikan patung ini menggambarkan jalan salib . Sebuah gua yang didedikasikan untuk menghormati Santa Perawan Maria dibuka di 26 Juli 2008.  

Pada bulan Juni 2010 , tempat akomodasi kedua , St Anne Dorm , dibuka oleh pastor paroki kemudian Mgr . Stephen Liew . Saat ini , pastor paroki adalah Fr . Henry Rajoo . 

Sumber Wikipedia