Senin, 05 April 2010

BUBBA GUMP SHRIMP & CO


“Bubba Gump Shrimp & Co. Restaurant & Market”. Restoran ini baru buka pertengahan 2004, dan merupakan waralaba American-style dining yang agak mirip dengan ”Planet Hollywood” atau ”Tony Roma’s”. Ini memang waralaba baru. Kabarnya baru ada 21 di AS, dua di meksiko, dua di Jepang, dua di Filipina, satu di Hongkong, satu di Malaysia dan satu lagi di Indonesia. Tempatnya di Kuta Center, Jalan Kartika Plaza.

Masih ingat film ”Forrest Gump” yang dibintangi Tom Hank? Dalam film itu ia bertemu kembali dengan kapten-nya ketika di perang Vietnam, bernama Bubba. Bubba lalu menjadi mitra Forrest dalam usaha penangkapan udang di lepas pantai (shrimp trawling). Nama tokoh Bubba inilah yang ”diabadikan” sebagai nama restoran. Tak heran bila seluruh restoran dihias dengan pernak-pernik yang berbau Forrest Gump. Di mana-mana tampak foto yang diambil dari film, dan juga replika dari pakaian dan barang yang dipakai dalam pengambilan film itu. Handuk, pakaian renang, snorkel, dipajang di mana-mana, sehingga mirip pangkalan kapal penangkap udang di Greenbow, Alabama, sana. Warna merah-putih-biru bendera AS terwakili di berbagai elemen hias, termasuk warna piring-piringnya.

Di setiap meja dipasang flipchart yang bisa diputar. Satu kartu berwarna merah bertulisan “Stop Forrest Stop“. Satu lagi berwarna biru “Run Forrest Run“. Ini sebetulnya untuk memberitahu para waiters dan waitresses. Bila kartu biru yang tampak, para waiters dan waitresses boleh lewat terus. Bila kartu merah yang tampak, berarti mereka harus berhenti dan singgah di meja kita untuk menanyakan apa yang kita perlukan. Maklum, Forrest yang lugu tak pernah berhenti berlari, kecuali disuruh berhenti. Bahkan ketika sudah melintasi Amerika Serikat dan tiba di tepi Samudera Pasifik, ia langsung berbalik dan terus berlari ....



Seragam para waiters dan waitresses sangat casual, hanya jeans dan baju kaus, dengan topi dan goggles renang. Mereka sangat ramah, bahkan cenderung heboh. Cobalah memesan margarita. Sekelompok waiters dan waitresses akan mengantar margarita ke meja kita, lalu menari kecak dengan hebohnya, sebelum mempersilakan kita minum. Begitu pula bila ada yang merayakan ulang tahun, mereka akan datang membawa segala macam panci dan wajan untuk menyanyikan “Happy Birthday“ sambil membunyikan semua alat-alat dapur itu dengan gempar.

Nama-nama makanan dan minuman di menu pun memakai nama-nama tokoh dalam film itu. Ada Jenny’s Strawberry Dream (buttery pound cake layered with vanilla ice cream), Bubba’s After the Storm (seember kecil udang, baby lobster, dan ikan goreng) , atau Forrest’s Shrimp Net Catch (udang dikukus dalam bir).


http://www.bubbagump.com/